Misteri Dunia

Selamat datang di Misteri Dunia (http://misterisony.blogspot.com)

Rabu, 18 Agustus 2010

Misteri Zombie



Zombie atau zombi adalah sebutan untuk mayat hidup dalam sistem kepercayaan Voodoo orang Kreol dan Afrika-Karibia. Zombie adalah manusia dengan roh yang sudah dicuri lewat cara supranatural atau perdukunan, dan dipekerjakan sebagai budak yang mengabdi pada "majikan zombie" di perkebunan terpencil.
Versi zombie yang lebih menakutkan dan suka memakan manusia sering diangkat menjadi cerita fiksi horor.

Zombie secara etimologis

Menurut ajaran Voodoo, dukun ilmu hitam atau pendeta voodoo yang disebut Bokor bisa menghidupkan kembali manusia yang sudah mati. Zombie tidak memiliki kemauan sendiri sehingga selalu berada di bawah kendali sang majikan. "Zombi" juga merujuk kepada nama untuk dewa ular voodoo yang bernama Damballah Wedo asal Nigeria-Kongo yang dekat dengan kata nzambi yang dalam bahasa Kongo berarti "dewa".
Zombie dalam masyarakat

konon, sudah berabad-abad zombie telah berada di masyarakat, khususnya di Afrika. Namun zombie di Afrika memiliki cerita dan ciri-ciri fisik yang berbeda dari zombie yang digambarkan di film2.
Pembuatan Zombie

Pada dasarnya, pembuatan zombie versi masyarakat Afrika (dukun voodoo) adalah dengan cara membuat seseorang menjadi Mati dan Gila .

Orang yang sekarat(sakit parah) diberi ramuan tertentu yang biasa disebut "bufo bufo". Ramuan ini merupakan campuran kulit katak dan ikan puffer(ikan fugo). Setelah diberikan ramuan ini para korban akan "terlihat" seperti mati, dengan napas dan detak jantung yang sangat lambat dan lemah (untuk menyakinkan orang2 bahwa si calon Zombie sudah mati) lalu dikubur.

Lalu untuk membua Zombie menjadi gila dengan cara memaksa mereka untuk memakan sejenis pasta yg berasal dari Daruta(rumput jimsons) yg berfungsi sebagai pemutus hubungan pikiran dengan realitas, dan kemudian menghancurkan seluruh ingatan yang ada.
Pandangan ilmiah tentang pembuatan Zombie

1. kulit Katak bufo untuk menciptakan ramuan "bufo bufo bufo". Kulit katak jenis bufo itu sangat berbahaya, terdapat beberapa kandungan kimia yang bersifat racun mematikan di dalamnya, yaitu biogenetik amina, bufogenin (racun katak yang berbahaya), dan bufotoksin.

2.ikan puffer. Racunnya disebut "tetrodotoksin" racun saraf yang mematikan. Efek penghilang rasa sakitnya 160.000 kali lebih kuat daripada kokain. Memakan ikan ini bisa membuat "Kematian" karena kandungan racunnya.

3.Lalu datura adalah sejenis rumput jimson (nama latinnya brugmansia candida),tumbuhan ini mengandung bahan kimia atropin, hyoskiamin dan skopolamin yang apabila dikonsumsi akan menyebabkan kita kehilangan ingatan.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa proses pembuatan Zombie(menurut ajaran voodoo) sangatlah rumit dan kompleks.
Belum ada informasi lebih lanjut dan benar-benar akurat yang saya dapatkan.
Zombie dari berbagai versi

Selain dari folklor bangsa Afrika, Zombie juga terdengar pada abad pertengahan, arwah orang mati dapat kembali ke bumi menghantui orang-orang yang hidup karena dalam hidupnya arwah itu mengalami ketidakadilan. Mereka terlihat seperti tengkorak manusai atau mayat yang telah busuk.

Draugr dari mitologi norse abad pertengahan percaya bahwa mayat para prajurit yang bangkit dan dapat menyerang.

Zaman sekarang ini Zombie dimunculkan berbeda sekali dengan budaya voodoo atau yang lainnya. Zombie didefinisikan sebagai monster tak berperasaan, tidak berakal budi serta memiliki rasa lapar pada darah dan daging manusia. Zombie modern digambarkan sebagai mayat hidup dengan wajah pucat, boa mata berwarna putih, lamban dan lusuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar